contoh surat kuasa

Contoh Surat Kuasa

Posted on

Contoh Surat Kuasa – Surat kuasa adalah surat yang berisi pernyataan seseorang yang memberikan wewenang atau memberikan hak untuk mewakili yang bersangkutan dalam suatu pokok perkara sesuai yang tertera dalam surat kuasa tersebut.

Surat kuasa ini biasa di pergunakan dalam berbagai bidang, misalnya dalam dunia bisnis dan hukum. Dalam dunia bisnis kita mengenal beberapa contoh, misalnya surat kuasa menjual mobil, surat kuasa menjual tanah dan bangunan atau property, dll. Dalam dunia hukum misalnya surat kuasa mengajukan gugatan, surat kuasa perdata hutang piutang, surat kuasa pendaftaran paten, dll.

contoh surat kuasa

Berikut ini contoh surat kuasa menjual barang :

Surat Kuasa Untuk Menjual

SURAT KUASA UNTUK MENJUAL KENDARAAN BERMOTOR
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :
Pekerjaan :
Alamat :

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama _____ berdasarkan dan dalam kedudukannya selaku peminjam dari kendaraan bermotor yang akan disebut di bawah ini. Untuk selanjutnya disebut “PEMBERI KUASA”.

Dengan ini memberi kuasa penuh dengan hak substitusi kepada:

PT _____ berkedudukan di _____ untuk selanjutnya disebut “PENERIMA KUASA”.

Atas hak-hak PEMBERI KUASA dari Kendaraan bermotor yang tersebut di bawah ini:

Merk : …………………………………………………………………….
Tipe : …………………………………………………………………….
No. Chasis : …………………………………………………………………….
No. Mesin : …………………………………………………………………….
No. Polisi : …………………………………………………………………….
Warna : …………………………………………………………………….

Untuk selanjutnya disebut “KENDARAAN BERMOTOR”.

Dan, hak-hak atas KENDARAAN BERMOTOR yang dipergunakan sebagai jaminan pelunasan Utang PEMBERI KUASA kepada PENERIMA KUASA berdasarkan Perjanjian Pengakuan Utang dengan Penyerahan Hak Milik secara Fiducia yang telah ditandatangani pada tanggal _____ berikut perubahan-perubahan, perjanjian-perjanjian, serta penambahannya yang sudah dibuat atau akan dibuat di kemudian hari (untuk selanjutnya disebut “PERJANJIAN”).

Kuasa-kuasa sebagaimana tertulis di bawah ini tidak dapat berakhir, karena sebab-sebab yang disebut dalam Pasal 1813 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, atau karena sebab-sebab apa pun, dan dapat sewaktu-waktu dilaksanakan oleh PENERIMA KUASA tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu baik secara tertulis maupun tidak tertulis.
Kuasa-kuasa yang diberikan adalah melakukan tindakan-tindakan di bawah ini, apabila pemberi kuasa lalai dalam melakukan kewajiban-kewajiban sesuai dengan Perjanjian Utang dengan Penyerahan Hak Milik Secara Fiducia:

1. Untuk mengambil secara langsung barang milik PT _____ yang dipakai PEMBERI KUASA berupa kendaraan seperti tersebut di balik halaman ini.

2. Memasuki ruangan tempat tinggal atau kantor PEMBERI KUASA atau di tempat lain di mana kendaraan tersebut berada.

3. Memberikan persetujuan untuk mengadakan pemblokiran atas STNK dan BPKB, serta mengurus dan menyelesaikan balik nama kendaraan tersebut guna kepentingan PENERIMA KUASA atas biaya pemberi kuasa.

4. Mengambil kendaraan tersebut dari tangan PEMBERI KUASA atau pihak lain siapa pun adanya dan membawanya ke tempat yang dipandang baik oleh PENERIMA KUASA.

5. Menjual kendaraan tersebut di atas pada pihak ketiga menurut harga yang dianggap patut oleh PENERIMA KUASA, membayar ongkos pengambilan dan penjualan dari hasil penjualan tersebut, serta memotongkan hasil penjualan bersih dari buku utang pemberi kuasa dengan memberikan bukti pemotongan pada PEMBERI KUASA.
Kota _____ , tanggal _____

PENERIMA KUASA PEMBERI KUASA

______________ _____________

 

Sedangkan contoh surat kuas dalam penggunaan di bidang hukum contohnya sebagai berikut :

SURAT KUASA
No. …………..

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : .……………………………………………………..
Pekerjaan : ………………………………………………………
Alamat : ………………………………………………………

Dalam hal ini memilih domisili hukum di Kantor Kuasanya tersebut di bawah ini menerangkan bahwa dengan ini memberi kuasa penuh kepada :

1. [……………………..]
2. […………………….]
3. […………………….]

Advokat, Pengacara dan Penasehat Hukum pada Kantor Pengacara/Law Office “……… ”, beralamat di ………………. yang bertindak baik sendiri-sendiri maupun bersama.
————————————————— KHUSUS————————————————–

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa:

1. Untuk memberi jawaban dan tindakan hukum lainnya atas gugatan dari (nama penggugat) yang terdaftar di pengadilan negeri Bandung ……………. No. ………../Pdt./G.19../Jak. …., Tgl. …………….. mengenai ……… dan ……

2. Untuk mengajukan gugatan balasan (Rekonpensi) terhadap (nama), (Alamat) serta untuk mengajukan tuntutan ganti rugi, bunga dan uang untuk paksa terhadap Sdr. ………… Tersebut.

Mengenai hal tersebut di atas, untuk dan atas nama Pemberi Kuasa menghadap di muka Pengadilan Negeri serta Badan-badan Kehakiman lain atau Pembesar-pembesar lainnya, mengajukan permohonan-permohonan yang perlu menjalankan perbuatan- perbuatan, atau memberikan keterangan-keterangan yang menurut hokum harus dijalankan atau diberikan oleh seorang Kuasa, menerima uang dan menandatangani kuitansi-kuitansi, menerima dan melakukan pembayaran-pembayaran dalam perkara ini, mempertahankan kepentingan Pemberi Kuasa, naik banding, minta eksekusi, membalas segala perlawanan, mengadakan perdamaian dengan persetujuan terlebih dahulu dari Pemberi Kuasa dan pada umumnya membuat segala sesuatu yang dianggap perlu oleh Penerima Kuasa.

Surat Kuasa dan kekuasaan ini dapat dialihkan kepada orang lain dengan hak substitusi serta secara tegas dengan retensi dan seterusnya menurut hukum, seperti yang dimaksudkan dalam Pasal 1812 KHUPerdata dan menurut syarat-syarat lainnya yang ditetapkan dalam Undang-undang.

………………….., …………………………

Penerima Kuasa                                                                                 Pemberi Kuasa

(…………………)                                                                                       (……………)

 

Berikut ini bisa anda download contoh surat kuasa dalam format .doc sehingga bisa di edit dengan mudah jika sewaktu-waktu anda membutuhkan contoh surat kuasa. Berikut ini file nya :

contoh surat kuasa menjual.doc

contoh surat kuasa.doc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *