Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah

Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah

Posted on

Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah – Bisnis jual beli rumah dan juga kontrakan rumah merupakan salah satu bidang bisnis yang cukup ramai akhir-akhir ini. Hal ini tidak terlepas dari bertambahnya kebutuhan akan rumah tinggal karena bertambahnya jumlah penduduk usia dewasa atau keluarga muda yang membutuhkan sarana tempat tinggal terpisah dari kedua orang tuanya.

Dalam bisnis property ini, biasanya melibatkan jumlah uang yang tidak sedikit sehingga dalam bisnsi ini biasanya melibatkan notaris dalam proses transaksi bisnisnya. Dalam transaksi bisnis ini biasanya di buat semacam surat perjanjian jual beli rumah, tidak terkecuali dalam bisnis sewa rumah biasa di buat surat perjanjian sewa rumah.

Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah

Berikut di bawah ini contoh surat perjanjian sewa rumah yang biasa dipakai dalam bisnis property :

SURAT PERJANJIAN
SEWA MENYEWA RUMAH
Nomor: […………………….]

Perjanjian ini dibuat pada hari […………………………….], tanggal [……………………..] antara:

[…………………………….] (Sebagai pihak yang menyewakan untuk selanjutnya disebut sebagai “PIHAK PERTAMA”), dan [……………………….] (Sebagai pihak penyewa, untuk selanjutnya disebut “PIHAK KEDUA”).

MENGINGAT:
1. Bahwa, […………………………………….]
2. Bahwa, PIHAK KEDUA berkeinginan untuk menyewa rumah yang terletak di […………………………….] milik […………………………..] dengan hak (milik/guna bangunan) No. [……………………..]

MAKA, berkenaan dengan keterangan-keterangan tersebut di atas, kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan Perjanjian Sewa Menyewa Rumah (selanjutnya disebut “Perjanjian”) atas dasar syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

Pasal 1
KESEPAKATAN

PIHAK PERTAMA dengan ini sepakat untuk menyewakan kepada PIHAK KEDUA dan PIHAK KEDUA dengan ini pula sepakat untuk menyewa dari PIHAK PERTAMA bangunan rumah yang berukuran [………] meter x [………] meter, atau seluas [……….] meter persegi yang terletak di wilayah [……………………………..], [………………………………], Kecamatan [………………….], Kelurahan [………………………].

(Selanjutnya disebut “Rumah”)

Pasal 2
TUJUAN

Bahwa PIHAK KEDUA akan mempergunakan Rumah tersebut untuk keperluan […………………………………….],

 

Pasal 3
SERAH TERIMA RUMAH

Pada saat Perjanjian ini ditandatangani, PIHAK PERTAMA menyerahkan Rumah kepada PIHAK KEDUA dan PIHAK KEDUA menerima penyerahan itu sesuai menurut kondisi yang nyata pada hari penyerahan tersebut yang dituangkan dalam suatu Berita Acara Serah Terima (selanjutnya disebut “Berita Acara Serah Terima”)

Pasal 4
JANGKA WAKTU

1. Sewa Menyewa ini dibuat untuk jangka waku […….] ([…….]) tahun, dan dapat diperpanjang atas persetujuan kedua belah pihak

2. Jangka waktu itu dihitung mulai dari tanggal […….] yang akan berakhir dengan sendirinya menurut hukum pada tanggal […….].

3. Apabila PIHAK KEDUA bermaksud untuk memperpanjang Jangka Waktu Sewa ini, maka PIHAK KEDUA wajib untuk memberitahukan secara tertulis kepada PIHAK PERTAMA selambat-lambatnya […….] bulan sebelum berakhirnya Perjanjian ini

 

Contoh surat perjanjian sewa rumah bab V dan seterusnya dapat Anda download dalam bentu file .doc melalui link di bawah ini :

contoh surat perjanjian sewa rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *